Supermoon Muncul Nanti Malam, Begini Cara Mengamati Dan Memotretnya!

supermoon indonesia

Senin malam (14/11/2016) bulan akan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih cerah di langit, karena bulan sedang berada di titik terdekat dengan bumi. Fenomena ini akan menjadi supermoon paling besar sejak 1948.

Supermoon bisa disaksikan dengan mata telanjang, tak harus dengan peralatan canggih. Namun untuk mendapatkan pemandangan terbaik, kecerahan bulan harus terhindar dari polusi cahaya lampu kota atau penutupan oleh awan.

Jika Anda ingin memotretnya, simak beberapa tips yang diberikan oleh Bill Ingalls yang telah menjadi fotografer Badan Antariksa Amerika (NASA) selama lebih dari 25 tahun.

Langkah pertama yang perlu disiapkan adalah Anda perlu menemukan obyek di sekitar bulan yang menarik dan menjadi landmark lokal. Dari sana, gambar Anda akan memiliki “sentuhan tempat” yang membuatnya spesial.

Rencanakan terlebih dahulu di mana Anda akan memotret. Ingalls sering menggunakan Google Maps untuk merencanakan di mana ia akan memotret dan juga angle pada waktu yang tepat.

Jika Anda menggunakan smartphone, ingatlah untuk selalu fokus. Sentuh layar dan gunakan jari Anda untuk menentukan fokus. Sesuaikan eksposur gelap terang sesuai dengan bulan.

Jika Anda menggunakan kamera SLR, gunakan pengaturan white balance daylight. Jika Anda menggunakan lensa yang lebih panjang, ingat bahwa bulan adalah benda yang bergerak. Seimbangkan antara keingingan untuk mendapatkan eksposur dengan shutter cepat.

Ingalls juga mengatakan bahwa Supermoon 14 November akan menjadi hal yang menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga. “Kukira akan lebih baik untuk bersenang-senang bersama anak-anak. Biarkan mereka menjadi saksi fenomena itu di tempat mereka,” ujarnya seperti dilaporkan Fox8.

Baca juga :

Iklan

Any comment?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s