Resmi Mengaspal, Honda Forza Dibandrol Harga 70 Jutaan

Spesifikasi dan pilihan warna Honda Forza

Honda Forza akhirnya masuk ke pasar Indonesia. Pertama kali di kenalkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, matic premium ini siap menantang Yamaha Xmax yang sudah lebih dulu mapan di pasar Indonesia.

Honda memang tertinggal satu langkah dibandingkan Yamaha dalam merilis motor matic bermesin besar. Dengan Xmax 250, Yamaha sudah cukup berjaya dan menghasilkan order yang cukup massive. Tak ingin kalah di sektor ini, Honda kemudian meluncurkan Honda Forza 250 cc untuk bersaing di kelas ini.

Setelah keluarnya Forza 250 ini, head to head antara Honda Forza 250 vs Yamaha Xmax 250 rasanya tidak mungkin terbendung lagi. Hadir belakangan, Honda yang satu ini menghadirkan fitur yang jauh lebih canggih.

Spesifikasi Lengkap Honda Forza 250cc

Jika kamu penasaran dengan spesifikasi lengkap dari Honda Forza ini, simak review berikut ini.

Desain Fisik Kendaraan yang Mewah

Motor ini bisa dibilang adalah versi downgrade dari Honda Forza 300 yang lebih dulu diluncurkan oleh Honda untuk dipasarkan di Eropa. Secara desain, keduanya memiliki tampilan yang sama. Mengusung konsep mewah, sporty dan agresif, kendaraan ini akan meningkatkan kepercayaan diri pengendaranya dengan tampilannya.

Sisi mewah dari Forza 250 ini tampak terlihat dari lekukan bodinya. Kesan sporty dan agresif juga tampak dari beberapa bagian yang dibuat menyudut dan sedikit menajam. Pada bagian depan, headlamp-nya tampak begitu modern. Bentuk yang dihadirkan cukup unik, seperti burung dengan sayap terbuka.

Penggunaan teknologi LED pada setiap lampunya juga menambah kesan megah pada Honda Forza 250 ini. Secara fungsional, tenkologi LED juga sangat berguna untuk meningkatkan penerangan. Sangat berguna untuk digunakan pada perjalanan malam hari.

Desain windshield-nya juga menambah kesan megah pada motor ini. Apalagi windshield ini bisa diatur secara elektrik. Kemewahan pada motor ini menjadi semakin sempurna dengan adanya tambahan fitur canggih ini.

Honda Forza warna Pearl Horizon White

Honda Forza warna Pearl Horizon White

Pijakan kaki dari Honda Forza ini juga dibuat lebih luas dibanding pesaingnya. Secara penampilan, motor ini akan tampak lebih gagah. Secara fungsional, pijakan kaki yang luas akan memberi keleluasaan pada kaki untuk bergerak saat berkendara.

Desain joknya juga dibuat tampak dinamis. Joknya dibuat seolah bertingkat, dengan bagian pengendara lebih rendah dan bagian pembonceng yang lebih tinggi. Desain dari jok ini menekankan konsep sporty yang ingin ditunjukan. Secara fungsional, desain jok ini juga membuat pengendara lebih nyaman saat berkendara.

Bodinya yang cukup besar ternyata memiliki kelebihan.Kapasitas bagasi di bawah jok bisa lebih dimaksimalkan dan dibuat lebih luas. Bagasi di bawah jok ini bahkan bisa menampung 2 helm.

Untuk mengimbangi desain bodi yang dibuat tampak sporty dan mewah, pada bagian belakang, tailnya juga didesain cukup sporty dengan lekukan yang membuat sudut antara stop lamp dengan slebor belakang. Untuk stoplampnya juga sudah menggunakan teknologi LED.

Desain Speedometer Modern

Desain speedometer pada motor ini sangat modern. Teknologi yang disematkan adalah analog digital. Beberapa indikator masih analog, dan beberapa lainnya sudah digital. Meski belum sepenuhnya digital, namun secara fungsional tetap sangat membantu dan secara desain juga sangat keren.

Dashboard / Speedometer Honda Forza

Dashboard / Speedometer Honda Forza

Di bagian tengah terpasang layar LCD. Layar ini akan menampilkan jam digital, indikator suhu mesin, indikator kapasitas bahan bakar, dan juga voltase aki. Dua panel analog terletak di bagian sisi kanan dan sisi kiri dari layar LCD. Panel analog ini menunjukan kecepatan Km/jam dan juga Rpm. Beberapa panel indikator juga disematkan pada bagian bawah layar LCD.

Terdapat juga fitur Smart Key.Fitur ini sudah terintegrasi dengan sistem penguncian keyless.Jadi untuk menghidupkan mesin bisa lebih praktis.

Dimensi Kendaraan Pas dan Nyaman

Honda Forza 250 secara dimensi sudah menyesuaikan poporsi tubuh orang Asia. Hal yang paling terlihat adalah tinggi jok yang dibuat lebih rendah dibanding seri Forza 300 yang dijual di Eropa. Forza 250 tinggi joknya 715 mm sedangkan Forza 300 tinggi joknya adalah 780. Dengan tinggi jok yang sudah disesuaikan, diharapkan pengguna tidak terlalu jinjit.

Untuk dimensi kendaraan, Honda Forza 250 memiliki ukuran panjangnya 2.140 mm, lebarnya 750 mm, dan tingginya 1.355 mm. Untuk wheelbasenya berukuran 1510 mm. Ground clearancenya setinggi 135mm, cukup aman untuk menghadapi jalan-jalan Indonesia yang kurang rata. Bobot dari motor ini mencapai 129 kg.

panjang x lebar x tinggi 2142 x 754 x 1472 mm
tinggi tempat duduk 780 mm
jarak sumbu roda 1510 mm
jarak terendah ke tanah 144 mm
curb weight 182 Kg

Untuk menunjang aktifitas harian di perkotaan, motor ini cukup mumpuni. Sayangnya karena bodinya yang cukup besar, menjadikan motor ini agak kurang lincah untuk menghadapi kemacetan. Tapi dengan kenyamanan berkendara yang diberikan akan membuat kualitas aktifitas harian lebih baik.

Selain itu, motor ini juga didesain untuk memenuhi kebutuhan perjalanan jarak jauh. Untuk touring luar kota, mengendarai motor ini tidak akan mudah lelah.

Suspensi dan Pengereman Mumpuni

Untuk membawa beban bodi dan kerangka yang cukup besar dan berat, maka dibutuhkan kaki-kaki dan juga suspensi yang kokoh untuk menopang motor ini. Memiliki desain yang bagus jika tidak nyaman untuk dikendarai juga akan menciderai motor mewah ini.

Pasalnya banyak motor-motor besar yang memiliki suspensi agak keras. Hal ini membuat motor yang tampak gagah tapi malah menjadi kurang nyaman dikendarai.

tipe rangka Under bone type, steel
tipe suspensi depan Teleskopik
tipe suspensi belakang Swing arm dengan suspensi ganda
ukuran ban depan 120/70-15M/C 56P
ukuran ban belakang 140/70-14M/C 62P
rem depan Hidrolis, single 256mm disc
rem belakang Hidrolis, single 240mm disc
sistem pengereman ABS

Maka dari itu, untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik, Honda Forza 250 2018 ini menggunakan rangka Underbone dilengkapi suspensi mumpuni berjenis Telescopic Fork 33 mm untuk bagian depan dan Twin Shock untuk bagian belakang.

Pemilihan suspensi ini terbukti sangat ampuh dalam memberikan kenyataman.Honda Forza 250 ini bisa lebih seimbang saat melewati berbagai jenis medan. Saat di tanjakan, tikungan tajam dan jalan bergelombang, motor bisa tetap stabil. Suspensinya juga mampu meredam goncangan, jadi saat berkendara bisa lebih nyaman.

Kemampuan ini sangat bermanfaat bagi orang Indonesia yang harus menghadapi kontur jalan yang tidak rata dan banyak berlubang. Dengan spesifikasi suspensi ini, kondisi jalan seperti itu bisa diatasi.

Honda Forza warna Sword Silver Metallic

Honda Forza warna Sword Silver Metallic

Untuk bagian kaki-kaki, velg sporty 15 inch disematkan pada bagian depan dan velg 14 inch disematkan pada bagian belakang. Untuk rodanya, menggunakan roda dengan ukuran 120/70 R15 untuk bagian depan dan roda berukuran 140/70R14 untuk bagian belakang.

Kendaraan mewah tentu saja membutuhkan sistem keamanan yang mumpuni.Matic kelas premium dari Honda ini tidak main-main untuk hal ini. Untuk sistem pengeremannya menggunakan tipe rem cakram Single Disc dengan ukuran 256 mm dan juga 240 mm. Keduanya juga sudah dilengkapi teknologi rem ABS 2 Channel.

Spesifikasi Mesin Honda Forza Memuaskan

Seperti yang sudah kita ketahui, Honda Forza ini mengusung konsep mewah dan sporty. Untuk menunjang hal ini, tentu saja tidak bisa sekedar memaksimalkan sisi desainnya saja. Untuk sektor mesin juga perlu dimaksimalkan untuk lebih menekankan konsep yang diusungnya.

Mesin 4 langkah berkapasitas 248 cc dengan silinder tunggal atau SOHC disematkan pada motor ini. Dengan mesin ini, tenaga maksimal yang bisa dihasilkan adalah 17,3 kW / 7500 rpm dengan rasio kompresi 10,2 : 1. Untuk Torsi maksimal yang bisa dihasilkan mencapai 24 Nm / 6250 rpm.

tipe mesin Pendinginan Cairan, 4 Langkah, single cylinder
volume langkah 249,01 cc
sistem suplai bahan bakar Fuel Injection (PGM-FI)
diameter x langkah 68 x 68,567 mm
tipe tranmisi Otomatis
rasio kompresi 10,2 : 1
daya maksimum 17,3 kW / 7500 rpm
torsi maksimum 24 Nm / 6250 rpm
tipe starter Elektrik
tipe kopling Automatic Centrifugal Clutch Dry Type
sistem pendingin mesin Pendinginan Cairan

Tenaga yang dihasilkan sungguh luar biasa. Tak hanya nyaman dan keren, Honda Forza 250 juga mampu memberikan kepuasan dari sisi kecepatan. Untuk mengimbangi kemampuan mesinnya yang gahar, dilengkapi sistem pendinginan menggunakan teknologi fluid cooled sehingga suhu mesin bisa tetap stabil.

Seperti pada motor-motor keluaran Honda lainnya, untuk sistem suplai bahan bakarnya menggunakan PGM-FI yang membuat konsumsi bahan bakarnya lebih efektif. Jadi selain memiliki kemampuan mesin yang mumpuni, secara emisi gas buang, motor ini juga cukup aman dan ramah lingkungan.

Fitur Tambahan yang Canggih

Fitur canggih yang disematkan pada Honda Forza 250 adalah senjata utama untuk bersaing dengan Xmax. Ada beberapa fitur canggih yang dimiliki Forza 250 ini dan tidak dimiliki Xmax. Fitur-fitur ini tidak semata-mata hanya sebagai hiasan, nyatanya secara fungsional memang sangat berguna dan meningkatkan pengalaman berkendara.

Salah satu fitur canggih pada motor ini adalah teknologi rem ABS 2 Channel. Teknologi ini membuat kualitas pengereman lebih handal. Teknologi ini juga menghindari kemungkinan ban selip jadi laju kendaraan bisa dihandle dengan lebih baik.

Honda Forza warna Sword Mat Gunpowder Black Metallic

Honda Forza warna Sword Mat Gunpowder Black Metallic

Forza 250 juga memiliki windscreen yang bisa diatur tinggi rendahnya secara elektrik. Ini adalah salah satu fitur yang tidak dimiliki Xmax karena pada Xmax, setting tinggi rendah widescreen masih manual. Hanya dengan menekan tombol, ketinggian windscreen bisa diatur sesuai kebutuhan.

Sistem pencahayaan pada motor ini juga sudah menggunakan lampu LED. Baik untuk lampu depan maupun lampu belakang sudah menggunakan LED. Dengan jenis LED, pencahayaan bisa lebih optimal.

Lampu sein dari Honda Forza 250 juga sudah terintegrasi dengan spion. Sebagai pelengkap, juga terdapatlaci dan charger smartphone. Jadi sambil berkendara, kamu bisa sambil mengisi daya.

Fitur yang terdapat pada dashboard juga tidak bisa dilewatkan. Panel-panelnya sangat lengkap. Sistem analig-digital yang disematkan, benar-benar memberikan informasi secara mendetail dan jelas.

Untuk memudahkan menyalakan motor, juga disematkan sistem keyless. Pada kunci juga dilengkapi remot pintar yang memiliki alarm dan juga answer back system. Fitur alarm anti thief system membuat kendaraan lebih aman dari pencurian, sedangkan fitur answer back system memudahkan saat mencari Honda Forza di parkiran.

Harga Honda Forza 250 2018

Karena memiliki banyak sekali fitur-fitur mumpuni, tak heran jika harga dari Harga Honda Forza 250 2018 ini jauh lebih tinggi dibandingkan pesaing lain dikelasnya. Fitur-fitur yang diberikan oleh Forza 250 ini memang tidak main-main.

Untuk harga OTR Jakarta, motor ini dibandrol dengan angka 70 juta. Cukup jauh dibandingkan dengan Xmax yang hanya 57,8 Juta. Tapi dengan melihat spesifikasinya, tak heran jika angka 70 juta ini diberikan.

Harga Honda Forza 250

Honda Forza dipamerkan di GIIAS 2018

Honda Forza adalah paket lengkap dalam sebuah motor matic premium. Selain desainnya yang tampak keren, dengan lekuk-lekuk body yang sporty, performa mesinnya juga sangat mumpuni. Kamu bisa dipuaskan dengan tenaga mesin yang dihasilkan.

Secara kenyamanan, sudah tidak diragukan lagi. Motor ini didesain sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan maksimal pada penggendara.

Tak ada salahnya untuk memboyong Honda Forza ini ke garasi rumahmu. Dengan harga 70 juta rasanya sungguh masuk akal jika dihadapkan dengan pengalaman berkendara yang bisa kamu dapatkan.

Honda Forza dipasarkan dalam 3 pilihan warna menarik, yaitu: Pearl Horizon White, Sword Silver Metallic, dan Mat Gunpowder Black Metallic. Foto-fotonya dapat disimak di sela-sela artikel di atas.

Iklan

Any comment?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s