4 Warna Honda Sonic 150R Terbaru, Harga Mulai 22 Jutaan

Pilihan warna Honda Sonic 150R

Honda Sonic 150R kembali mendapat facelift. Yup, pabrikan Honda masih menjaga tradisi untuk melakukan penyegaran tahunan agar konsumen tidak bosan. Apalagi menghadapi kompetisi dengan Suzuki Satria F150 di kelas underbone 150cc yang masih cukup ketat.

Honda melakukan sedikit penyegaran dari sisi desain pada Honda Sonic 2018 ini. Pada produk terbaru ini, ada 4 pilihan warna, yaitu Aggresso Matte Black, Energetic Red, Activo Black, serta Racing Red.

Persaingan di jenis underbone memang cukup ketat. Banyak anak muda terutama laki-laki, sangat menggandrungi jenis motor ini. Desain yang keren dan kecepatan yang mumpuni menjadi daya tarik tersendiri.

Secara performa, tidak ada perubahan signifikan. Honda Sonic 150R sudah sangat yakin bahwa performa mesin dari produk ini sudah cukup bisa memenuhi kebutuhan konsumen dan mampu bersaing. Dengan teknologi bahan bakar PGM-FI, motor ini diklaim memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik dibanding pesaing lain dikelasnya.

Spesifikasi Lengkap Honda Sonic 150R 2018

Untuk mengenal lebih jauh tentang produk ini, berikut ulasan lengkapnya.

Desain Lebih Modern dan Lebih Keren

Honda Sonic 150R mengusung tema light sport yang futuristic. Sekilas jika dilihat, bentuk bodinya memang hampir sama dengan rivalnya, tapi desain dari Sonic 150R ini didesain lebih modern dan lebih keren.

Image produk ini juga semakin kuat, terutama jika dilihat dari headlampnya yang berbentuk V seperti transformer. Lekukan-lekukan tegas juga akan kamu dapati pada motor ini. Kesannya memang agak kaku, tapi disitulah sisi modern yang ingin di tonjolkan.

Honda Sonic 150R Warna Activo Black

Honda Sonic 150R Warna Activo Black

Untuk lampunya, motor ini sudah menggunakan jenis lampu LED. Jenis lampu ini akan menghasilkan cahaya yang lebih terang, tapi hemat energi. Cahaya yang dihasilkan tetap aman di jalanan, tidak akan membuat silau pengendara yang berlawanan arah.

Pada sisi kemudi, setang jepit khas motor ‘ayam jago’ diaplikasikan. Jika dilihat dari segi kenyamanan, pengaplikasian stang jepit memang kurang nyaman, tapi secara gaya hal ini sangat keren. Dari sisi samping, ada semacam undakan yang membuat bodi dengan cover mesin seolah terpisah. Desain ini membuat bodi tampak lebih stylish.

Lalu, juga terdapat fairing pada bagian tengah. Fairing ini menutup seluruh bagian tengah, sampai pada bagian sisi mesin. Fairingnya ditarik membentuk runcing mengarah pada bagian belakang. Bentuk inilah yang membuat Honda Sonic 150R terkesan lebih sporty.

Untuk menambah kenyamanan dalam berkendara, Honda Sonic 150R ini dilengkapi dengan jok yang cukup lebar. Untuk bagian belakang, desain lampu rem dibuat menyatu dengan lampu sein, dipadukan bersama desain back tail yang lancip.

Selain pada bagian bodi, aksen futuristik juga disematkan pada bagian dashboard Honda Sonic 150R ini. Panel dashboardnya berbentuk trapesium dilengkapi indikator digital.

Dashboard Honda Sonic 150R

Dashboard / Speedometer Honda Sonic 150R

Pada bagian utama terdapat indikator speedometer yang sudah digital dan trip meter.Pada bagian kiri terdapat indikator bahan bakar dengan susunan tegak.Untuk indikator gigi netral, indikator lampu sein, indikator lampu utama, dan juga indikator pelumas disusun di bagian atas.

Penempatan ruang kunci atau key shutter ada pada bagian bawah dashboardnya, persis di bagian tengah.

Ada beberapa konsumen yang memiliki keluhan Honda Sonic 150R pada bagian desain, bentuknya seperti Supra GTR 150 pada bagian belakang dan desain kenalpot standarnya kurang menarik.

Dimensi Body Khas Motor Kelas Underbone

Dimensi bodi dari Honda Sonic 150R ini berbentuk ramping khas motor kelas underbone. Dengan desain bodi semacam ini, motor ini menjadi mudah dikendalikan. Motor ini sangat pas untuk anak muda urban. Terlebih dengan desain yang sudah futuristic, mengendarai motor ini akan semakin terlihat keren.

Honda Sonic 150R ini mempunyai ukuran rangka 1.944 x 669 x 977 mm, jarak sumbu rodanya 1.275 mm, dan jarak ke tanah adalah 140mm. Jenis rangka yang digunakan pada motor ini adalah Twin Perimeter Frame. Rangka jenis Twin Perimeter Frame terkenal dengan bobotnya yang ringan, bobot motor ini adalah 114 kg.

panjang x lebar x tinggi 1.941 x 669 x 977 mm
tinggi tempat duduk 762 mm
jarak sumbu roda 1.275 mm
jarak terendah ke tanah 140 mm
curb weight 114 kg

Bobot ringan inilah yang membuat motor ini lebih lincah untuk bermanuver. Tapi jangan khawatir, meski bobotnya ringan, kerangkanya sangatlah kukuh. Jadi meski digunakan dalam kecepatan tinggi, motor ini tidak akan oleng. Dalam kecepatan rendah, akselerasinya juga akan tetap terasa nyaman.

Hal ini menjawab keluhan beberapa konsumen yang kerap kurang nyaman saat mengendarai motor jenis unbone dalam kecepatan tinggi. Biasanya motor akan kokoh saat menabrak angin sehingga terasa oleng.

Honda Sonic 150R Warna Energetic Red

Honda Sonic 150R Warna Energetic Red

Penerapan jenis rangka ini juga sedikit membantu membuat nyaman pengendara dalam posisi duduk. Motor underbone memang khas dengan posisi duduk pengendara yang agak membungkuk, tapi dengan kerangka jenis ini, dan struktur yang disesuaikan, posisi duduk pengendara bisa sedikit lebih tegak.

Motor ini juga dilengkapi tangki bahan bakar yang mampu menampung hingga 4 liter. Karena tangki bahan bakar yang memuat cukup banyak, yang harus dikorbankan adalah tidak adanya bagasi.

Suspensi Nyaman dan Tangguh

Kelengkapan suspensi pada motor ini cukup tangguh. Dengan bantuan suspensi ini, handling bisa lebih nyaman. Selain dilengkapi rangka perimeter frame yang ringan dan juga kokoh, Honda Sonic 150R ini juga didukung dengan kaki-kaki tangguh.

Untuk suspensi bagian depan,digunakan sistem telescopic suspension. Sedangkan untuk bagian belakang menggunakan jenis monoshock yang dikombinasi dengan lengan ayun. Pengaplikasian suspensi ini membuat pengendara nyaman saat handling di kontur jalan yang kurang rata. Untuk melewati tikungan tajam juga akan terasa lebih nyaman, tidak akan oleng.

tipe rangka Twin Tube Steel
tipe suspensi depan Teleskopik
tipe suspensi belakang Lengan Ayun Dengan Suspensi Tunggal
ukuran ban depan 70/90-17 38P (Tubeless)
ukuran ban belakang 80/90-17 50P (Tubeless)
rem depan Cakram Hidrolik
rem belakang Cakram Hidrolik

Untuk rem, baik bagian depan maupun bagian belakang sudah dilengkapi dengan jenis cakram hidrolik sehingga performa pengereman lebih kuat. Untuk kondisi-kondisi darurat yang memerlukan rem mendadak, baik rem depan maupun belakang, cakramnya akan responsif bertindak.

Untuk bagian kaki-kaki, dilengkapi velg 17 inci dengan ban 70/90 pada bagian depan dan 80/90 pada ban belakang. Jenis ban yang digunakan adalah ban tubeless.

Mesin Mumpuni dan Bertenaga, Tarikan Enteng dan Gesit

Jenis motor underbone banyak disukai oleh anak muda karena desain yang ramping dan keren dan juga kecepatannya. Jadi untuk bisa bersaing dengan rival di kelasnya, Honda Sonic 150R ini juga menghadirkan kemampuan mesin yang mumpuni.

Ternyata mesin Honda Sonic 150R ini mengadopsi mesin Honda CB150R. Mesin ini sudah terbukti sangat bertenaga. Meskipun demikian, karakter mesin dari Honda Sonic 150R memiliki sedikit perbedaan.

tipe mesin 4 Langkah, DOHC – 4 Katup
kapasitas mesin 149.16 cc
sistem suplai bahan bakar PGM-FI
diameter x langkah 57.3 x 57.8 mm
tipe tranmisi Manual, 6 – Kecepatan
rasio kompresi 11.3:1
daya maksimum 11.8 kW (16.0 PS) / 9,000 rpm
torsi maksimum 13.5 Nm (1.38 kgf.m) / 6,500 rpm
tipe starter Pedal & Elektrik
tipe kopling Multiple Wet Clutch Coil Spring
sistem pendingin mesin Liquid Cooled with Auto Fan
pola perpindahan gigi 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6

Tipe mesin yang digunakan adalah jenis 4 langkah dengan fitur DOHC-4 katup. Ruang kubikasinya 149.16cc dengan rasio kompresinya adalah 11,3:1. Mesin ini mampu menghasilkan 6 percepatan. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan mesinnya mencapai 16.0PS pada tiap RPM 9000.

Pihak Honda mengklaim, Sonic 150R dalam jarak 0-200 meter bisa dicapai hanya dalam waktu 10,6 detik saja. Untuk kecepatan maksimal yang bisa diraih motor ini adalah 124,1 km/jam.

Untuk torsi maksimum yang mampu dicapai adalah 13.5 NM / 6500 RPM. Tingginya nilai torsi ini membuat Sonic 150R terasa agresif. Pengendara akan merasakan saat memasukan gigi satu, terasa tarikan yang cukup agresif. Meski demikian, perpindahan transmisi dan koplingnya cukup halus, jadi tetap nyaman saat dikendarai.

Honda Sonic 150R Warna Agresso Matte Black

Honda Sonic 150R Warna Agresso Matte Black

Karakteristik inilah yang membedakan mesin Honda Sonic 150R dengan CB 150R. Sonic 150R memang didesain untuk jalanan dalam kota sehingga membutuhkan akselerasi yang tinggi. Keagresifan mesin Sonic 150R membuat motor ini unggul dalam akselerasi di putaran bawah.

Untuk transmisinya, Sonic 150R menggunakan transmisi manual yang memiliki 6 kecepatan. Untuk sistem suplai bahan bakar menggunakan Programmed Fuel Injection (PGM-FI). Teknologi ini sudah banyak disematkan pada kendaraan keluaran Honda, yang membuat pabrikan ini terkenal dengan keiritan bahan bakarnya.

Sistem bahan bakar menggunakan PGM-FI ini membuat Sonic 150R lebih efektif dalam penggunaan bahan bakar, dan lebih irit dibandingkan motor lain dikelasnya. Pihak Honda mengklaim bahwa untuk 1 liter bahan bakar bisa digunakan pada 45 km.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Sonic 150R

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Honda Sonic 150R ini. Beberapa kelebihan yang dimiliki diantaranya adalah dashboard yang sudah full digital. Dashboard full digital ini tentu sangat mudah dipahami dan secara penampilan juga lebih keren.

Transmisi dari motor ini juga cukup halus. Meski agak agresif, tapi cukup halus saat sudah memasuki tingkat kecepatan atas. Untuk membantu pergeseran transmisi, kopling yang dimiliki oleh Honda Sonic 150R ini juga cukup ringan.

Dengan double cakram pada bagian depan dan belakang, sistem pengereman pada motor ini menjadi lebih mumpuni. Shock belakang terasa nyaman saat digunakan untuk berkendara, terutama saat menghadapi medan tidak rata.

Handling dari motor ini juga cukup nyaman. Ergonominya, jika dibandingkan rivalnya terasa lebih nyaman juga. Lampu LED yang sudah disematkan pada motor ini juga menguntungkan saat digunakan pada waktu malam.

Yang cukup menonjol adalah efisiensi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan rivalnya.

Honda Sonic 150R Warna Racing Red

Honda Sonic 150R Warna Racing Red

Sedangkan kekurangan Honda Sonic 150R ini diantaranya adalah shock depan yang terlalu lembut. Meski joknya cukup lebar, tapi joknya agak tipis jadi terasa sedikit keras.Tapi hal ini bisa diatasi dengan mengganti jok yang lebih nyaman.

Pada saat masuk RPM atas, akan terasa getaran di bagian stang dan footstep. Pada saat masuk di gigi 1 atau 2 juga agak sedikit agresif jika belum terbiasa.

Harga Honda Sonic 2018 Terbaru

Persaingan di kelas underbone ini memang cukup ketat. Selain menawarkan performa terbaik, masing-masing pabrikan juga bersaing dalam memberikan harga. Ada beberapa varian Honda Sonic 150R. Harga Honda Sonic untuk tiap varian berbeda-beda.

Ini dia harga honda Sonic 2018 untuk setiap varian :

  • Harga Honda Sonic 150R Warna Activo Black: Rp. 22.250.000,-
  • Harga Honda Sonic 150R Warna Energetic Red: Rp. 22.250.000,-
  • Harga Honda Sonic 150R Warna Agresso Matte Black: Rp. 22.650.000,-
  • Harga Honda Sonic 150R Warna Racing Red: Rp. 22.650.000,-

Harga di atas merupakan harga di kawasan jakarta. Untuk daerah lain, biasanya akan memiliki sedikit perbedaan.

Harga Honda Sonic 150R

Harga ini cukup kompetitif jika dibandingkan rivalnya, Suzuki Satria F150 yang dibandrol di angka 22,8 juta. Dengan performa, fitur dan juga kenyamanan yang sangat mumpuni, Honda Sonic jelas menjadi pilihan yang menarik.

Itu dia spesifikasi lengkap dari Honda Sonic 150R. Kendaraan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin bergaya di dalam kota. Sangat pas sebagai bentuk aktualisasi dirimu yang aktif dan agresif. Harga yang ditawarkan dengan spesifikasi yang diberikan juga cukup kompetitif. Dan akhirnya, pilihan tetap berada di tangan konsumen.

Iklan

Any comment?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s