6 Warna Baru Suzuki Satria F150, Harga Naik

Suzuki Satria F150

Suzuki Satria F150 sang penguasa motor bebek sport kelas underbone, terus digempur oleh rival-rival lain dengan produk-produk yang menawarkan performa terbaik. Yamaha MX-King dan Honda Sonic 150R adalah pesaing paling intens di kelas ini yang berusaha menggeser singgasana Satria F150 atau yang dulu lebih dikenal dengan sebutan Satria FU.

Menghadapi persaingan ini, Suzuki harus berbenah diri. Lama tak terdengar kabar dari Satria F150, regenerasi terhadap produk ini kemudian dikeluarkan.

PT Suzuki Indomobil Sales masih mempertahankan tradisi untuk menyegarkan motor andalannya ini setiap tahun. Setaleh update terakhir pada September tahun lalu, bulan ini kembali meluncurkan Satria F150 dengan wajah baru yang lebih menawan.

Spesifikasi All New Suzuki Satria F150

Produk ini menjadi ujung tombak Suzuki dalam persaingan pasar di kelas underbone. Sambil kita tengok tampilan barunya, dan harga baru tentunya, mari kita simak terlebih dahulu spesifikasi lengkap dari Suzuki Satria F150 ini.

Desain Motor Bak Ayam Jago Kokoh

Saat pertama kali dikenalkan, penampilan dari Suzuki Satria F150 ini sudah banyak menarik minat para anak muda laki-laki. Desain motor ayam jago yang tampak keren dan kecepatannya yang cukup mumpuni menjadikan motor ini diidolai. Banyak pemuda laki-laki yang mengandalkan motor ini untuk menggaet perempuan.

Tapi trend terus bergeser, kini banyak pula pengendara perempuan yang menggunakan Satria F150 ini sebagai kendaraan harian mereka.

Desain terbaru dari Satria F150 ini secara umum masih tetap membawa konsep desain motor ‘ayam jago’. Tapi untuk menambah ciamik tampilannya, dilakukan banyak perombakan dan menghadirkan desain yang futuristik.

Dari bagian headlamp, untuk seri terbaru ini penampakannya jauh lebih garang dan sangar.Penampakan yang sangar ini dilengkapi dengan teknologi LED lamp dan desain lampu sein yang menyatu dengan headlamp.

Suzuki Satria F150 Warna Aura Yellow

Suzuki Satria F150 Warna Aura Yellow

Untuk bagian belakang, sepertinya Suzuki masih cukup percaya diri dengan konsep lamanya yang membuat buritan tampil lancip, dengan sedikit sentuhan tambahan yang tampak lebih modern.

Untuk bagian bodi, Suzuki menampilkan detail yang lebih segar dan modern. Tak mau kalah dengan pesaingnya yang mengusung konsep futuristik. Hal ini dapat dilihat dari fairing yang lebih terlihat agresif dengan penampakan bagian lubang pembuangan panas. Fairing ini bahkan dibuat lebih mencolok, bentuknya dibuat memanjang hingga bagian bawah cover engine.

Konsep desain dari Suzuki Satria FU New ini terlihat lebih proporsional dan tampak lebih padat dibandingkan seri lamanya yang masih menggunakan karburator.Secara keseluruhan All New Suzuki Satria F150 ini tampak lebih sporty, lebih modern, dan keren.

Tak tanggung-tanggung, pada panel dashboard, pada seri terbaru ini sudah sepenuhnya digital. Sebelumnya memang masih menggunakan semi digital.Tapi demi mendukung pengalaman berkendara yang lebih baik, dan juga persaingan fitur, untul seri all new ini sudah sepenuhnya menggunakan digital.

Suzuki Satria F150 Warna Stronger Red

Suzuki Satria F150 Warna Stronger Red

Panel-panel pada dashboardnya juga cukup lengkap. Kelengkapan informatif ini sangat berguna bagi pengguna untuk mengetahui kondisi kendaraannya secara mendetail. Desain dari panel-panel ini juga sangat userfriendly. Berlatar lampu orange, desain dashboard pada Suzuki Satria F150 terbaru ini tersusun simetris seperti kokpit mobil dengan tetap menjaga nuansa sporty-nya.

Beberapa panel informasi di dashboard diantaranya adalah penunjuk waktu, indikator FI, tachometer, twin trip, penunjuk kecepatan kendaraan, indikatorlevel gear kendaraan, indikator bahan bakar, indikator RPM, indikator temperatur pendingin, dan yang cukup langka adalah indikator untuk interval oli yang jarang dijumpai pada motor-motor lain di kelas yang sama.

Desain dari All New Suzuki Satria F150 memang sangat cocok bagi kalangan anak muda yang agresif, penuh semangat dan kreatif.

Dimensi Body Ramping dan Aduhai

Seri terbaru dari Satria F150 ini tidak menghilangkan kesan sportynya. Untuk meningkatkan pengalaman berkendara, tingkat pengendalian pada motor ini sudah lebih dimaksimalkan. Posisi riding juga sudah dibuat lebih nyaman lagi.

Panjang 1.960 mm
Lebar 675 mm
Tinggi 980 mm
Jarak Sumbu 1.280 mm
Jarak Pijak 150 mm
Tinggi Jok 765 mm
Berat Kosong 109 kg

Jika dilihat secara dimensinya, Suzuki Satria F150 ini merupakan motor yang paling ramping dibandingkan motor-motor lain di kelasnya. Detail dimensinya, untuk ukuran rangkanya adalah panjang 1960 mm, lebar 675 mm, dan tinggi 980 mm. Jarak sumbu rodanya adalah 1.280 mm.

Ground celarance dari motor ini setinggi 150 mm. Ukuran ini masih tergolong aman untuk kontur jalan Indonesia yang kurang rata. Untuk bobotnya, motor ini juga cukup ringan yaitu 109 kg saja. Bobot yang berkurang secara signifikan jika dibandingkan seri sebelumnya ini terjadi karena adanya pemangkasan komponen tertentu.

Suzuki Satria F150 Warna Titan Black

Suzuki Satria F150 Warna Titan Black

Dengan kerampingannya, untuk bermanuver seri terbaru Suzuki Satria F150 ini cukup lincah. Untuk digunakan di jalanan perkotaan yang macet, bodi ramping motor ini bisa menyelinap dengan baik. Tapi bagaimanapun, bodi ramping ini mengurangi kenyamanan pada saat kecepatan tinggi.

Suspensi Mumpuni Aman dan Nyaman Dikendalikan

Terkenal sebagai motor yang kencang dan gesit, tentu saja motor ini memerlukan dukungan suspensi yang mumpuni supaya pengendara bisa lebih nyaman dalam mengendalikan. Suspensi teleskopik di bagian depan dan monoshock di bagian belakang disematkan pada motor ini.

Suspensi Depan Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
Suspensi Belakang Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
Rem Depan New Petal Design Disc Brake
Rem Belakang New Petal Design Disc Brake
Roda Depan 70/90-17 38P
Roda Belakang 80/90-17 50P
Velg Racing

Jenis suspensi ini sebenarnya cukup umum digunakan pada motor-motor di kelas underbone. Tapi untuk kemampuan suspensi dari masing-masing kendaraan tentu saja berbeda.

Untuk menjaga stabilitas kendaraan saat ditunggangi, Suzuki Satria F150 terbaru ini menggunakan kerangka jenis Twin Spar. Jenis rangka ini dikenal lebih ringan namun rigid.

Untuk mendukung keamanan berkendara, sistem pengereman pada produk ini sudah menggunakan cakram yang diameternya lebih lebar dengan model wave dua piston kaliper untuk bagian depan dan wave single piston untuk bagian belakang. Dengan cakram tipe ini, pengereman pada produk terbaru ini jauh lebih baik jika dibanding dengan produk terdahulunya.

Suzuki Satria F150 Warna Titan Black Red

Suzuki Satria F150 Warna Titan Black Red

Di bagian kaki-kaki, desain velg yang digunakan tidak jauh berbeda dari seri pendahulunya. Hanya saja velg racing yang disematkan pada Satria FU 2018 ini jauh lebih ringan. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan performa handling.

Untuk bannya, Suzuki Satria F150 menggunakan jenis ban tubeless dengan ukuran 70/90-17 38P pada bagian depan dan 80/90-17 50P untuk bagian belakang. Sayangnya ukuran ban ini dirasa terlalu kecil jadi mengurangi kenyamanan berkendara. Untuk menambah kenyamanan, kamu bisa menggunakan ukuran yang sedikit lebih besar.

Mesin dengan Performa Lebih Handal

Meneruskan track record seri-seri sebelumnya yang tangguh dalam performa mesin, pada seri terbaru ini tentu saja mesin yang digunakan tidak main-main. Pihak Suzuki mengklaim bahwa jenis mesin yang digunakan juga lebih baru, dengan performa yang lebih baik.

Jenis 4-tak, Liquid cooled
Sistem Katup DOHC 4-valve
Isi Silinder 1 silinder – 147,3 cc
Ratio Kompresi 11,5
Tenaga Maksimum 13.6 kw/10,000 rpm
Torsi Maksimum 13.8 N-m/8,500 rpm
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Sistem Pengapian Euro3
Sistem Starter 1-Push Electric Starter
Transmisi 6 percepatan
Kapasitas Tangki 4.0 liter

Pada seri terbaru ini mesin yang digunakan bertipe DOHC (Double Overhead Camshaft) dengan 4 katup dan silinder tunggal dengan kapasitas 141,3 cc. Tipe mesin ini sudah digunakan sejak seri pendahulunya.

Pembaharuan yang diaplikasikan pada seri terbaru ini adalah setting angle dari katip dibuat lebih rapat dan diameter katup yang lebih besar. Untuk mengejar performa layaknya motor balap, throttle body dengan ukuran 32 mm dipasang pada motor ini.

Komponen piston pada Suzuki Satria F150 juga dibuat lebih ringan namun tetap kuat. Teknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) diterapkan pada dinding silinder. Teknologi ini membuat mesin akan tetap awet dan kuat meskipun kerap dipacu dengan kecepatan tinggi. Untuk kendaraan dengan identitas kecepatan, penggunaan teknologi ini sangat positif.

Untuk mengimbanginya, disematkan juga pendingin bersistem liquid cooled dengan radiator yang lebih besar. Hal ini membuat sistem pendinginan pada mesin lebih stabil dan mesin senantiasa terjaga suhunya meski sedang dalam putaran atas.

Suzuki Satria F150 Warna Matt Black

Suzuki Satria F150 Warna Matt Black

Performa mesin dari Satria F150 ini juga cukup tinggi. Power yang dihasilkan mencapai 13.6 kw/10,000 rpm. Untuk torsi maksimalnya mencapai 13,8 Nm/8.500 rpm.Untuk transmisinya menggunakan transmisi manual dengan 6 percepatan. Dilihat dari sini, performa mesin dari All New Suzuki Satria F150 memang yang terbaik di kelasnya.

Rasio kompresi yang dimiliki motor ini adalah 11.5:1. Dengan rasio kompresi ini, motor ini mampu menghasilkan power yang konsisten saat tarikan awal hingga memasuki putaran atas.

Untuk mengimbangi pesaingnya, penggunaan teknologi Fuel Injection juga ikut melengkapi seri terbaru dari Satria F150 ini.Terdapat Dual Spray Injector yang dijalankan ECM secara otomatis.

Kelebihan dan Kekurangan All New Suzuki Satria F150

Ada beberapa kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh Suzuki Satria F150 ini. Untuk kelemahan Satria FU seri terbaru yang paling terasa adalah konsumsi bahan bakar yang cenderung lebih boros dibandingkan pesaingnya. Teknologi injeksi Suzuki ternyata belum cukup mampu bersaing dengan Honda.

Ukuran ban bawaannya terlalu kecil. Bodinya juga terlalu ramping, nyaman untuk manuver tapi untuk kecepatan tinggi agak sedikit goyang.

Kelebihan yang dimiliki adalah bobotnya yang ringan yang membuat handling lebih nyaman. Kopling dan perpindahan giginya juga terasa lebih ringan. Suspensinya cukup nyaman dan empuk. Rem depannya juga terbukti sangat mumpuni.

Suzuki Ssatria F150 Warna Metallic Triton Blue (MotoGP)

Suzuki Ssatria F150 Warna Metallic Triton Blue (MotoGP)

Lampu LED yang digunakan pada motor ini juga menjadi keuntungan lain. Terutama untuk penggunaan pada malam hari. Panel Dashboard yang lengkap dan digital juga menjadi keuntungan lebih.

Kelebihan yang sangat menonjol adalah performa mesin yang luar biasa. Tarikan mesinnya sangat panjang dan bisa menghasilkan kecepatan yang maksimal.

Motor ini juga memiliki beberapa fitur tambahan yang sangat bagus. Salah satunya adalah laci dan charger (khusus untuk Black Predator/Matt Black), hal ini bisa membantu mengisi daya pada handphone saat berkendara.

Safety Shutter Key model terbaru juga membuat keamanan terjaga lebih baik dan lebih praktis. Satria F150 juga terdapat footsetep yang sudah bisa ditekuk dengan sensor kemiringan. Fitur 1-Push Electric Starter juga menjadi inovasi tersendiri, kamu tinggal sekali menyentuh starter dan mesin akan langsung menyala, ini sangatlah praktis.

Harga Suzuki Satria F150 2018 Terbaru

Suzuki Satria F150 dipasarkan dengan beberapa varian yang berbeda, dengan harga yang berbeda-beda juga. Berikut daftar harga Suzuki Satria F150 untuk OTR Jakarta:

  • All New Satria F150 Blackfire – Rp 23.100.000,-
  • Satria F150 Motogp – harga Rp 23.100.000,-
  • Satria F150 Black – harga Rp 23.250.000,-
  • Satria F150 Standar – harga Rp 22.800.000,-

Untuk urusan harga, jika dibandingkan dengan kompetitornya, harga dari seri ini cukup mahal. Namun jika menilik lagi performa dan fitur-fitur pelengkap yang dimiliki oleh motor ini, rasanya harga ini cukup layak.

Sejak dahulu, penggemar Suzuki Satria adalah anak muda yang ingin tampak beda dan terlihat aktif. Karakter konsumen yang seperti inilah yang membuat All New Suzuki Satria F150 menghadirkan penampilan yang lebih muda dan dinamis dengan sentuhan desain dan warna baru.

Iklan

Any comment?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s