Aki Mobil Lebih Baik Dicas atau Dipakai Jalan?

KabarOto.com – Selagi Work From Home (WFH) seperti masa pandemik Covid-19 sekarang ini tentunya membuat kendaraan jarang dipakai sehari hari. Boediarto selaku Head After Sales & CS Operation Group dari PT Mitsubishi Motors Krama Yuda Sales Indonesia (MMKSI) menjelaskan bahwa per hari, kendaraan biasanya menempuh 50-100 km perjalanan rata-rata.

Kepala Aftersales tersebut menjelaskan bahwa ada baiknya mobil dipanaskan 10 hingga 15 menit dengan interval 3 hari sekali untuk menjaga agar baterai atau aki mobil dapat beroperasi dengan normal ketika ingin digunakan selanjutnya.

Sobat Kabaroto mungkin ada pertanyaan lebih baik mana antara aki yang dilakukan pengisian daya menggunakan listrik langsung atau dipakai jalan bersama kendaraannya? “Sebenarnya jika berbicara dampak terhadap aki memang lebih baik dicas ketimbang dipakai jalan,” ujar Boedi.

Baca Juga: Simak Tips Kepala Aftersales Mitsubishi Bagi Pemilik Mobil Saat WFH

“Jika dikaitkan dengan mesin dan kaki-kaki memang lebih baik dijalankan bersama mobilnya. Alternatornya pun jalan dengan putaran mesin yang variatif bisa mengisi aki, kaki-kaki dan mesin pun beroperasi,” imbuhnya.

Nah mengisi aki pun ternyata bisa berbeda-beda jenis dan dampaknya. “Lebih baik memang hasilnya yang slow charging, biarpun memakan waktu lebih lama namun bisa terisi sempurna, jika memang butuh cepat ada baiknya menggunakan fast charging,” tutupnya.

Nah, sekarang enggak perlu bingung dan khawatir lagi. Jika punya waktu lebih, Sobat KabarOto bisa membawa mobil jalan-jalan mengitari sekitar komplek rumah, namun jika tidak memungkinkan karena harus ditinggal, ada baiknya melakukan penyetruman.

Sumber

Any comment?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s