Audi A8 L Seharga Rp11 Miliar Ini Siap Lindungi Penumpang dari Ledakan Granat

KabarOto.com – Banyak orang penting di dunia, seperti pengusaha, selebriti hingga pimpinan negara, yang merasa keselamatan dirinya menjadi prioritas. Sehingga membutuhkan mobil dengan tingkat kenyamanan dan keamanan yang sangat tinggi.

Bahkan, terkadang mereka memerlukan mobil yang dapat menahan serangan senjata api. Mobil seperti ini, biasanya dibutuhkan oleh pimpinan tinggi negara, agar menjamin keselamatan dari ancaman musuh.

Baca Juga: Keren, Tesla Model X Ini Jadi SUV Anti-Peluru

Guna memenuhi kebutuhan khusus tersebut, Audi baru saja meluncurkan sedan A8 L Security generasi D5 di Rusia. Sesuai namanya, mobil spesial ini diambil dari basis Audi A8 versi jarak sumbu roda panjang, yang telah diberikan sistem perlindungan tambahan terhadap bahan peledak dan peluru.

Meski telah memiliki lapisan baja, namun bila dilihat dari luar penampilannya tak berbeda dengan Audi A8 standar. Audi menyebut, hal itu diperlukan sebagai upaya kamuflase.

Tahan ledakan dan serangan tembakan

“Anonimitas adalah kunci bagi pelanggan khas kendaraan lapis baja, jadi selain dari lampu flash tersembunyi di dalam gril, eksteriornya sebagian besar mirip dengan standar A8 L,” tulis Audi.

Pada model tahun 2020 ini, Audi masih menggunakan sistem perlindungan dengan peringkat VR9 dari A8 L Security generasi D4 sebelumnya. Namun, pada model D5 ini, Audi memberikan area kaca yang memenuhi persyaratan resistensi kelas 10.

Untuk membangun sebuah sedan A8 dengan spesifikasi keamanan tinggi ini, pabrikan asal Jerman tersebut membutuhkan waktu 400 jam kerja di fasilitas khusus.

Interior tetap nyaman

Setelah selesai, mobil tersebut harus dilakukan uji terhadap tembakan senapan sniper, senapan serbu, dan granat tangan oleh otoritas keamanan.

Jika harus mengalami kendala, seperti mobil macet dan pintu-pintunya tidak bisa terbuka secara normal, sehingga menyulitkan penumpang untuk turun, A8 L Security juga dilengkapi dengan pengaturan pyrotechnic, yang bisa meledakkan antara engsel pintu dan bodi mobil.

Mencegah udara maupun asap berbahaya masuk ke dalam kabin, A8 L juga dibekali sistem ventilasi yang dapat menutup secara otomatis, untuk selanjutnya memompa udara bersih ke dalam kabin untuk jangka waktu terbatas.

Memiliki bobot hampir 4 ton

Sebagai tenaga penggerak mobil berbobot hampir 4 ton ini, A8 L Security dibekali mesin V8 TFSI biturbo 4.0 liter, yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 571 dk dan torsi 800 Nm.

Baca Juga: Resmi, Sebastian Vettel Hengkang Dari Tim Ferrari Pada Akhir 2020

Karena bobotnya yang sangat berat, kecepatan tertinggi dari mobil lapis baja tersebut adalah 210 kpj. Angka ini turun dari 250 kpj yang bisa dicapai oleh Audi S8.

Tak ketinggalan Audi memberikan ban run-flat, yang memungkinkan mobil melaju pada kecepatan 80 kpj untuk jarak hingga 80 km dalam kondisi ban tanpa angin. Di Rusia, Audi A8 L Security dihargai dengan harga USD 750.000 atau setara dengan Rp11 miliar.

Sumber

Any comment?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s