Jelang Lebaran 2020, Jasa Marga Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Beberapa Ruas Tol

KabarOto.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri di tengah situasi pandemik virus Corona atau Covid-19, PT Jasa Marga melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad, tetap melakukan persiapan layanan operasional Lebaran 2020, di Ruas Tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang-Cengkareng, JORR, serta Cipularang dan Padaleunyi.

Reza Febriano Jasamarga Metropolitan Tollroad Division Head mengatakan, pihaknya memastikan pelayanan jalan tol di tengah pandemik Covid-19 akan tetap di optimalkan, meskipun pemerintah juga dengan tegas telah melarang kegiatan mudik.

Baca Juga: Resmi, Sebastian Vettel Hengkang Dari Tim Ferrari Pada Akhir 2020

“Layanan operasional jalan tol meliputi Layanan Transaksi, Layanan Lalu Lintas, Layanan Konstruksi dan Layanan Tempat Istirahat akan tetap kami jaga performanya, dengan tetap mengedepankan protokol pencegahan Covid-19,” ujar Reza.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk memastikan layanan operasional tetap berjalan baik, Jasa Marga juga telah menyiapkan langkah antisipatif jika terjadi antrean kendaraan atau kepadatan lalu lintas (Lalin) di jalan tol.

“Jasa Marga berkoordinasi dengan Kepolisian, akan memberlakukan rekayasa lalu lintas di beberapa titik lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan,” jelas Reza.

Hindari kepadatan di sejumlah gerbang tol

Pada Gerbang Tol Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi misalnya, Jasa Marga menyiapkan langka memberlakukan one way barrier gate. Sementara pada Jalan Tol Jagorawi, akan dilaksanakan rekayasa lalin dengan sistem one way dan contra flow pada KM 44+600 s.d KM 46+400 arah Ciawi dan Sukabumi.

“Jika dampak kepadatan lalulintas menuju Cikampek, lalu lintas akan dialihkan melalui Tol Tanjung Priok dan Arteri Tomang untuk melanjutkan menuju Cikampek,” tutur Reza.

Sedangkan jika terjadi kepadatan pada Jalan Tol Cipularang, akan diberlakukan jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan, mulai dari Simpang Susun (SS) Sadang sampai dengan Jalan Industri sepanjang 7,5 km secara situasional.

Baca Juga: Bos Petronas Yamaha: Kami Sudah Lakukan Pembicaraan Dengan Valentino Rossi

Terkait dengan Pelarangan Mudik dari Pemerintah, Nasrullah General Manager Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Tollroad mengatakan, Jasa Marga juga telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk menyiapkan lokasi check point di Simpang Susun Bitung.

“Pengecekan dilakukan pada SS Bitung Jalan Tol Jakarta-Tangerang sejak diumumkannya Larangan Mudik, namun demikian sejak tanggal 12 Mei 2020, lokasi check point Bitung di pindahkan ke Gerbang Tol Cikupa yang dikelola oleh Marga Mandala Sakti,” pungkasnya.

Sumber

Any comment?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s