Naikan BPJS, Jokowi Sudah Tak Dalam Kontrol PDIP Sebagai Petugas Partai

JAKARTA, TERKINI.COM – Presiden Jokowi dianggap sudah tak sejalan lagi dengan perjuangan partainya, yakni

PDI Perjuangan yang pro terhadap masyarakat kecil. Hal ini buntut dinaikannya iuran BPJS. Jokowi pun menuai kritik dari beberapa kader PDIP.

“Reaksi PDIP bisa jadi tanda penting bahwa kebijakan presiden sudah di luar batas toleran, bahkan di kalangan kader separtainya sekalipun,” Pengamat politik dari Universitas Telkom, Dedi Kurnia Syah, Minggu (17/5/2020).

Dedi menilai, kritik terhadap Jokowi itu disebabkan para kader melihat mantan Gubernur DKI Jakarta ini sudah tidak dalam kontrol PDIP.

“Kader PDIP melihat presiden sudah tidak berada dalam kontrol PDIP, bisa saja ada tokoh di luar Megawati (ketua umum PDIP) yang lebih mendominasi presiden,” kata Dedi.

Selain itu, menurutnya, PDIP mengkhwatirkan kebijakan Jokowi yang dinilai tidak pro terhadap masyarakat kecil bisa menimbulkan ketidakpedulian masyarakat kecil terhadap partai besutan Megawati Soekarno Putri itu.

“Mengingat waktu mendekati ada pilkada dan ke depan ada Pilpres 2024. Jangan sampai kebijakan presiden dijadikan tolok ukur kepemimpinan PDIP,” pungkas Dedi.

Sementara itu, pengamat Politik Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin menilai, kritik kenaikan BPJS oleh sejumlah kader PDIP hanya berusaha memperbaik citra partai tersebut. Ia mengatakan, meski kritik datang dari partai sendiri Jokowi tetap tak merubah kebijakannya itu.

“Itu hanya agar terlihat peduli seolah-olah prihatin atas nasib wong cilik. Ini soal memanfaatkan momentum saja. Agar ‘predikat’ partai wong cilik bisa terselamatkan. Dan momentum agar PDIP tak ikut-ikut disalahkan oleh rakyat,” kata Ujang. [RG]

Any comment?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s