Tidak Sekedar Berbagi Masker, Praktisi Hukum Jember Juga Kampanye Minim Sampah

JEMBER, TERKINI.COM – Praktisi Hukum Zimri Boy Yoyada Sinuhaji, S.H., M.Kn membagikan masker kain cuci ulang kepada masyarakat yang membutuhkan di sejumlah daerah di Kabupaten Jember.

Keunikan dari aksi sosial yang dilakukan pada hari Minggu (17/5) oleh Praktisi Hukum ini, karena bukan sekedar kepedulian pada penyebaran virus corona tetapi sekaligus mengkampanyekan gaya hidup minim sampah. Program dengan tagline #DariKitaUntukMereka ini merupakan hasil kerjasama dengan gerakan CUCIHARTA yang diinisiasi oleh Danik Eka Rahmaningtiyas.

“Masker-masker ini dijahit langsung oleh mbak Danik dari pakaian bekas & kain-kain donasi. Saya tertarik untuk berpartisipasi untuk menggalang donasi dengan cara Buy 1 Donate 1 agar bisa mengcover lebih banyak lagi.” Kata pria berdarah Karo ini.

Menggunakan pakaian dan limbah kain menjadi bahan masker merupakan cara yang tepat dalam melawan fast fashion dunia. Seperti kita ketahui bersama, bahwa industri fashion menghasilkan emisi gas yang lebih merusak dibandingkan gabungan dari industri pelayaran dan penerbangan. Jumlah limbah yang sangat tinggi ini berasal dari proses pembuatan, perawatan hingga menumpuk menjadi sampah.

Zimri mengatakan, “Masker-masker yang dibagikan ini kualitasnya sama bagusnya dengan yang dijual. Berbahan katun 3 lapis model scuba, ada kantong filternya juga. CUCIHARTA membuatnya sesuai dengan standar Masker dari WHO.” Tidak sedikit masyarakat yang berkomentar bahwa masker-masker yang dibagikan ini sangat bagus dibanding yang sering mereka temukan dalam program-program donasi pada umumnya.

Memakai masker merupakan salah satu upaya pencegahan. Butuh sosialisasi dan kesadaran masyarakat. “Namun permasalahan selanjutnya, tidak sedikit masyarakat yang tidak mampu membeli masker.” Tutup Zimri. (yaz)

Any comment?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s