KPK Periksa Saksi untuk Nurhadi di Jawa Timur

Dua orang saksi diperiksa KPK di kantor BPKP Provinsi Jawa Timur.

TERKINI.com, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus dugaan suap dan gratifikasi penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA) yang menjerat mantan Sekretaris MA Nurhadi. Pada Kamis (21/5) tim penyidik memeriksa dua orang saksi di Jawa timur.
 
“Pada hari ini Rabu, (20/5/2020) bertempat di Kantor BPKP Provinsi Jawa Timur, penyidik KPK melakukan pemeriksaan kepada 2 orang saksi untuk Nurhadi yaitu Soepriyo Waskito Adi (karyawan swasta) dan David Muljono (karyawan swasta),” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri dalam pesan singkatnya, Kamis (21/5).

Ali mengatakan, keterangan saksi untuk membantu penyidik KPK dalam menguatkan pembuktian dugaan korupsi yang dilakukan kedua tersangka. Terhadal kedua saksi tersebut,lanjut Ali, penyidik KPK masih mengonfirmasi ihwal kepemiliksan aset-aset, pertemuan dan komunikasi yang pernah dilakukan dengan Nurhadi.

Dalam kasus ini, KPK menyangka Nurhadi dan menantunya, Rezky Herbiyono, menerima suap dan gratifikasi senilai Rp46 miliar. Suap diduga diberikan oleh Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto. KPK menyangka Hiendra memberikan uang itu untuk sejumlah kasus perdata yang melibatkan perusahaannya.

Tercatat ada tiga perkara sumber suap dan gratifikasi Nurhadi, pertama perkara perdata PT MIT vs PT Kawasan Berikat Nusantara, kedua sengketa saham di PT MIT, dan ketiga gratifikasi terkait dengan sejumlah perkara di pengadilan. Diketahui Rezky selaku menantu Nurhadi diduga menerima sembilan lembar cek atas nama PT MIT dari Direkut PT MIT Hiendra Soenjoto untuk mengurus perkara itu. Cek itu diterima saat mengurus perkara PT MIT vs PT KBN.

source

Any comment?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s